Tuesday, December 17, 2013

Makanan yang sehat untuk kesehatan Jantung

Makanan sehat untuk jantung menjadi sangat penting. Seperti yang telah diketahui serangan jantung menjadi penyakit pembunuh nomer 1 bagi manusia abad ini. Penyakit seperti jantung koroner menjadi gampang menjangkit karena sumber makan serta menu makanan yang tidak sehat. Dan sangat memanjakan penyakit jika tidak ada aktifitas olahraga setiap hari. Makanan yang banyak disediakan disekitar kita memang kadang jauh dari sehat seperti junk food, makanan siap saji atau segala yang instan. Sumber makanan apa saja sebenarnya yang bisa menjadi sahabat jantung.

MAKANAN SEHAT UNTUK JANTUNG

Makanan Sehat Untuk Jantung

 

1. Sayuran Berdaun

Sayuran adalah produksi asli alam yang terbukti menjadi penyeimbang atau penetral makanan-makanan yang mengandung zat yang berbahaya bagi tubuh. Sayuran berdaun seperti bayam, selada dan lobak menjadi sumber magnesium, kalsium, asam folat dan juga mineral yang bisa mengurangi penyakit jantung dan kanker.

2. Oat

Selain sebagai sumber energi dipagi hari oat ternyata juga makanan yang sehat untuk jantung. Sifat oat yang mudah larut ternyata menurunkan resiko kolesterol dan juga mengandung beta glucan yang baik untuk jantung.

3. Gandum

Tidak bisa dipungkiri penghasil vitamin E ini menjadi makanan sehat untuk jantung. Selain itu gandum juga memproduksi zat besi, magnesium dan juga antioksidan.

4. Kedelai

Sumber protein yang satu ini mampu mengalahkan kolesterol jahat dan juga lemak jenuh pada jantung. Jadi jika suka makan daging merah seimbangkan dengan mengkonsumsi kedelai secara berkala.

5. Minyak zaitun

Banyak mengandung polifenol yang baik untuk jantung serta dapat menurunkan ion LDL.

6. Tomat

Sayuran segar ini berfungsi membersihkan darah sehingga darah yang masuk ke jantung tidak meninggalkan kotoran yang bisa mengakibatkan penggumpalan. Vitamin yang dikandungnya yaitu Vitamin K mampu mencegah pendarahan.

7. Apel

Buah segar ini berfungsi mencegah pembekuan darah.

Makanan yang sehat untuk jantung diatas adalah segelintir makanan yang bisa dijelaskan. Namun masih banyak makanan yang lezat dan juga sehat untuk jantung. Sayangi jantung berarti menyayangi hidup. Mulailah hidup sehat dengan menyayangi jantung.

Apa saja penyebab penyakit jantung itu?

Penyebab penyakit jantung ternyata banyak sekali. Bahkan kegiatan yang sangat biasa dilakukan bisa juga menjadi pemicu penyakit jantung. Serangan jantung terjadi karena kurangnya pasokan darah ke jantung yang diakibatkan penggumpalan darah atau nadi yang tersumbat beberapa saat. Banyak sekali penelitian yang menyebutkan bahwa penyakit nomor satu yang menyebabkan kematian. Gejala serangan jantung bisa bermacam-macam seperti nyeri, sesak napas, cepat lelah, jantung berdebar-debar atau bahkan pusing atau pingsan.

PENYEBAB PENYAKIT JANTUNG

Penyebab Penyakit Jantung

 

1. Merokok

Kegiatan yang sudah dianggap biasa ini menjadi penyebab nomer 1 penyakit jantung. Bahkan para pecandu rokok sudah mengetahui bahaya yang ditimbulkan dari Rokok ini. Kecanduan rokok bisa jadi sangat susah mengurangi nya atau bahkan menghilangkannya dari kehidupan sehari-hari. Namun kebiasaan ini harus dihindari demi kesehatan jantung.

2. Tekanan darah tinggi

Hipertensi juga menjadi salah satu penyebab kuat penyakit jantung. Aktifitas jantung untuk memompa atau meregulasi darah terlalu cepat ke seluruh tubuh bisa mengakibatkan kegagalan fungsi jantung.Usahakan untuk mengkonsumsi makanan sehat yang dianjurkan untuk kesehatan tubuh yang terkait dengan hipertensi.

3. Obesitas

Faktor kegemukan ini bisa menjadi mengalami resiko penyakit jantung. Obesitas mengakibatkan penyempitan organ-organ dalam tubuh yang akan mengganggu kerja normal jantung. Resiko penyakit jantung bagi penderita obesitas sangat tinggi.

4. Tidak adanya pola hidup sehat

Kebiasaan kurang sehat, kurangnya gerak atau berolahraga, sering begadang atau insomnia dan juga kurang memperhatikan asupan makanan yang sehat akan mempermudah penyakit-penyakit jantung bersarang. Mulailah bergerak sebisa mungkin dan rutinkan bangun pagi untuk berolahraga, istirahat cukup dan perhatikan makanan-makanan yang bervitamin, bernutrisi dan berserat.

5. Stress

Stress ternyata juga bisa menjadi penyebab penyakit jantung. Penelitian mengatakan bahwa dalam situasi yang tertekan penderita stress bisa terjadi aritmia yang membahayakan jantung. Aritmia adalah denyut jantung yang terlalu cepat, terlalu lambat, tidak teratur atau terlalu dini.

6. Riwayat penyakit jantung dalam keluarga

Riwayat kesehatan dalam keluarga juga bisa menunjang penyakit jantung. Lebih baik memeriksa kesehatan ke dokter secara rutin untuk mengetahui kesehatan jantung jika mempunyai riwayat keluarga yang mengalami penyakit jantung.

Bagaimana Cara Menjaga Kesehatan Mata dengan benar

Cara menjaga kesehatan mata merupakan hal penting di kehidupan sehari-hari. Mata merupakan organ penting yang harus dijaga kesehatannya untuk menunjang aktifitas super sibuk di era modern. Terkadang menjaga kesehatan mata dianggap sepele atau hanya dianggap angin lalu saja. Ketika sudah mengalami gangguan terhadap mata kita, baru ada penyesalan kenapa tidak menjaganya sejak dini.

CARA MENJAGA KESEHATAN MATA

cara menjaga kesehatan mata

 

1. Membaca atau melihat layar komputer dalam jarak ideal

Jarak ideal untuk membaca atau melihat layar komputer adalah 30 cm. Usahakan untuk selalu melakukannya saat melakukan 2 aktifitas ini. Hindari kondisi membaca dengan penerangan yang minim atau dengan posisi tidur karena bisa menyebabkan miopi pada mata. Lebih baik lagi jika menggunakan tanaman hijau sebagai penetralisir kegiatan super sibuk saat melihat layar komputer.  Dengan kondisi kerja yang menuntut untuk selalu melihat komputer setiap hari dari pagi sampai sore, maka cari cara alternatif dengan melihat dedaunan atau pepohonan sekitar setiap 2 atau 3 jam sekali. Jangan terlalu memberikan pencahayaan yang akan membuat mata tegang. Pastikan ukuran huruf di komputer tidak membuat mata menjadi sipit saat membacanya atau harus mendekatkan mata ke layar komputer saat membacanya.

2. Mengkonsumsi makanan yang baik untuk kesehatan mata

Menjaga kesehatan mata tergantung pula terhadap asupan makanan yang dikonsumsi setiap hari. Wortel adalah sumber vitamin A yang sangat baik untuk kesehatan mata. Selain itu makanan seperti brokoli, telur dan sayuran yang berdaun gelap seperti bayam  juga sangat bagus untuk mata. Hindari kegiatan merokok karena bisa menyebabkan katarak pada mata.

3. Beristirahat

Mengistirahatkan mata secara rutin juga mampu meningkatkan kesehatan mata. Radiasi yang ditimbulkan komputer sangatlah berbahaya bagi mata jika mata kita tidak diistirahatkan. Seringlah berkedip guna menetralkan mata atau membasahi mata dengan air mata yang di dapatkan dari proses berkedip secara intens tersebut.

4. Konsultasi dokter mata rutin

Mencari tahu kondisi mata secara rutin kepada dokter mata menjadi sarana ampuh untuk menjaga kesehatan mata. Saran para ahli bisa membantu kita untuk menghindari atau melakukan kegiatan atau makanan yang baik untuk mata. Memastikan mata agar tetap baik-baik saja adalah tindakan yang sangat baik.

Monday, December 16, 2013

Makanan yang harus dihindari untuk kesehatan ibu hamil muda

Makanan sehat untuk ibu hamil muda mungkin sudah banyak yang membahas. Namun apa saja makanan yang perlu dihindari. Banyak makanan yang disebutkan dibawah ini adalah makanan yang sangat kita kenal dan bahkan sering sekali mengkonsumsinya. Jadi mungkin akan sangat sulit untuk mengubah kebiasaan mengkonsumsi makanan tersebut. Akan tetapi demi kesehatan sang buah hati, mulailah berubah sekarang juga dan bergantilah ke makanan sehat untuk ibu hamil baik muda ataupun yang sudah berumur.

MAKANAN YANG PERLU DIHINDARI 

Makanan Sehat Untuk Ibu Hamil Muda

 

1.  Mi Instan

Kandungan mi instan yang dikemas dengan garam dan juga pengawet sangat berbahaya  jika sering dikonsumsi. Bahkan jika ada kesalahan dalam pengolahan mi instan seperti memasak bumbu mi bersama dengan mi akan sangat berpotensi menimbulkan kanker karena bahan mi serta kandungan bumbu jika dipanaskan diatas suhu 120C, akan membentuk karsinogen yang tidak lain pembentuk kanker. Ibu muda yang hamil sangat tidak disarankan mengkonsumsi makanan ini.

2. Makanan Beku

Makanan yang kedua adalah makanan siap saji atau makanan beku. Meskipun dalam proses penghidangannya sangat mudah namun kandungan yang ada didalam makanan beku sangat berbahaya bagi kesehatan ibu hamil jika dikonsumsi berlebih. Semisal sayuran beku ataupun lauk pauk dan juga buah-buahan beku mengandung bahan pengawet yang melebihi batas aturan pemakaian yang sangat berbahaya bagi penderita darah tinggi. Bagi pengidap penyakit diabetes juga tidak disarankan karena kandungan gula yang berlebihan yang terdapat di makanan beku bisa menyuburkan penyakit tersebut.

3. Minuman bersoda

Minuman bersoda mempunyai kandungan yang sangat tinggi sehingga mampu menghancurkan Vitamin B didalam tubuh yang merupakan vitamin penting untuk ibu hamil. Selain itu juga terdapat zat kimia buatan yang bisa merusak sistem otak dan merusak fungsi hati. Dan secara umum dari segi kesehatan minuman bersoda yang mengandung zat asam fosfor sangat merugikan. Zat tersebut bisa menyebabkan tulang rapuh dan menjadikan keretkan tulang.

Makanan sehat untuk ibu hamil muda seharusnya lebih nikmat dari makanan diatas. Dan jika melihat resiko atau efek yang ditimbulkan dari masing-masing makanan diatas, harusnya dengan senang hati beralih ke makanan sehat demi kesehatan tubuh dan kesehatan sang buah hati.

Menghidangkan Makanan Sehat Untuk Ibu Hamil

Makanan sehat untuk ibu hamil sangat penting. Penting untuk kondisi tubuh sang ibu dan juga bayinya. Kehamilan adalah masa masa yang dinantikan bagi seorang ibu, apalagi kehamilan pertama. Banyak makanan yang harus dihindari dan juga menambahkan menu makanan sehat untuk ibu hamil yang beda dari makanan sebelum hamil. Makanan sehat berarti peduli dengan kondisi kesehatan sang bayi. Karena asupan makanan bayi selama didalam kandungan berasal dari makanan sang ibu.

MAKANAN SEHAT UNTUK IBU HAMIL

makanan sehat ibu hamil

Buah

Buah sangat bagus untuk masa kehamilan. Alam telah memberikan keseimbangan gizi untuk manusia. Buah yang dianjurkan adalah pisang, apel atau jeruk. Bahkan jika ingin membuat kreasi agar lebih nikmat, buah-buah tersebut dihidangkan dalam bentuk jus. Buah adalah penyeimbang gizi, didalamnya terdapat sumber vitamin dan juga mineral yang sangat baik untuk bayi dan sang ibu.

Telur

Sumber protein yang berkualitas ini ternyata mempunyai manfaat yang luar biasa bagi sang bayi. Telur yang mempunyai kandungan kolin mampu memaksimalkan pertumbuhan bayi serta memelihara kesehatan otak dan penglihatan. Disamping itu zat kolin mampu mencegah cacat tabung saraf. Kandungan telur yang banyak mengandung kolesterol tidak terlalu berpengaruh terhadap kesehatan makanan sehat. Kandungan lemak jenuh pada telur relatif rendah sehingga sangat memungkinkan bagi ibu hamil untuk mengkonsumsi telur 1-2 butir telur perhari nya guna memberikan keseimbangan protein dalam tubuh dan kesehatan bayi.

Wortel

Sayuran berwarna orange ini sangat baik untuk dikonsumsi selama masa kehamilan. Wortel mengandung Kandungan Vitamin A yang cukup besar yang sangat berguna untuk kesehatan penglihatan. Selain sebagai sumber vitamin A, sayuran ini banyak mengandung serat yang sangat bagus untuk proses metabolisme.

Sayuran daun berwarna hijau tua

Kesehatan kehamilan sangat membutuhkan nutrisi. Sayuran berdaun hijau tua menyediakan itu. Selain nutrisi, ternyata sayuran ini mengandung vitamin A, C , K dan juga folat. Contoh sayuran yang disarankan adalah bayam.

Daging tanpa lemak

Sumber protein selanjutnya adalah Daging. Pilihlah daging yang tidak mengandung lemak atau lemaknya telah dipisahkan. Memang sangat sulit sekali mendapatkanya. Tapi jika tidak hati hati dalam mengkonsumsi daging, lemak yang terkandung didalamnya bisa sebagai jembatan penyakit dan virus ataupun parasit yang akan menyerang tubuh dan juga kesehatan bayi.

Bagaimana Cara Menjaga Kesehatan Tubuh dengan Pola hidup sehat

Cara menjaga kesehatan tubuh menjadi hal penting yang harus dilakukan di era modern ini. Aktifitas super aktif mengharuskan daya tahan tubuh agar tetap stabil dan terjaga. Selalu semangat tanpa ada halangan virus atau penyakit yang bersarang di tubuh adalah menjadi dambaan semua orang. Namun bagaimana caranya? Dengan pola hidup sehat pastinya cara menjaga kesehatan tubuh menjadi lebih mudah.

CARA MENJAGA KESEHATAN TUBUH

cara menjaga kesehatan tubuh

1. Positive Thinking

Selalu berfikir positif akan membuat segar pikiran dan menjauhkan dari tekanan atau stres. Sangat menarik mengapa berfikir positif menjadi peringkat pertama dalam menjaga kesehatan tubuh. Hal ini dikarenakan semua kegiatan tubuh berdasarkan pemikiran kita, dan tentu nya pemikiran akan memberikan dampak yang baik pula untuk kesehatan.

2. Makan makanan sehat

Jangan berfikiran kita makan untuk kenyang. Sebenarnya asupan makanan sangat berpotensi pula merusak kesehatan. Jagalah makan, variasikan menu makan kita setiap hari agar terpenuhi semua kadar protein, serat, vitamin ataupun lemak yang baik didalam tubuh. Makan sebenarnya berfungsi memberikan energi untuk menunjang aktifitas sehari-hari. Syarat untuk mendapatkan energi yang baik adalah makan makanan yang sehat.

3. Berolahraga

Olahraga berfungsi menggerakkan unsur motorik tubuh kita agar bisa membakar lemak yang jahat yang akan menjadi sarang penyakit. Jadi sering-seringlah bergerak dan berolahraga teratur untuk menjaga kesehatan. Hindari kegiatan yang minim gerak terlalu berlebihan seperti tidur yang berlebihan, sering melamun atau nonton TV seharian.

4. Menjaga Kebersihan

Hal yang tidak perlu diragukan lagi jika ingin mendapatkan tubuh yang sehat. Kebersihan sebagian dari iman. Kebersihan adalah pintu awal untuk membangun kesehatan. Jika sudah siap untuk sehat berarti harus siap pula untuk bersih. Kegiatan yang harus dirutinkan menyangkut kebersihan adalah seperti menggosok gigi, mandi dan mencuci tangan.

5. Istirahat cukup

Tubuh memerlukan istirahat setelah beraktifitas. Sangat tidak mungkin jika tubuh dipaksa beraktifitas berhari-hari tanpa rehat. Tidur malam selama 7 sampai dengan 8 jam merupakan cara terbaik untuk mengistirahatkan kerja tubuh. Sering begadang adalah kegiatan yang kurang sehat. Hindari kegiatan begadang yang terlalu sering. Selain akan menurunkan mood saat bangun pagi, begadang juga bisa mengakibatkan hipertensi.

6. Mencukupi kebutuhan tubuh akan vitamin D

Ternyata Vitamin D adalah benteng tubuh kita dari segala bakteri atau virus. Seringlah bangun pagi untuk mendapatkan sinar matahari pagi karena banyak sekali sumber vitamin D disana. Imunitas tubuh kita akan sangat kuat jika kebutuhan vitamin D terpenuhi sangat baik. Selain sinar matahari pagi, sangat baik mengkonsumsi ikan, hati dan telur karena makanan tersebut merupakan sumber dari vitamin D.

Sunday, December 15, 2013

Bahaya dari insomnia untuk kesehatan tubuh

Bahaya insomnia untuk kesehatan ternyata juga tidak boleh dianggap remeh. Insomnia merupakan penyakit yang menurut sebagian orang sangat susah dihilangkan. Penyakit kurang tidur ini biasanya berubah menjadi kegiatan rutin yang sangat menjengkelkan yang harus dihadapi setiap hari. Ketika semua mata sudah terlelap, sang insomnia akut merasa masih memiliki penglihatan yang terang benderang dan tidak merasakan kantuk. Dampak negatif dari kurang tidur sangat merugikan kita bahkan sangat berbahaya bagi tubuh kita. Beberapa dampak negatif itu diantaranya menghilangkan konsentrasi, mempercepat penuaan, meningkatkan gairah obesitas dan menyuburkan penyakit dalam tubuh.

bahaya insomnia untuk kesehatan


DAMPAK NEGATIF INSOMNIA

1. Kurang tidur menyebabkan menurunnya konsentrasi

Biasanya orang yang kurang tidur akan terlihat kurang fresh dan kuyu saat melakukan kegiatan sehari-hari. Selain itu tingkat konsentrasinya akan jauh menurun. Terkadang sering lupa terhadap benda-benda yang telah di taruhnya di suatu tempat. Untuk para pelajar hal ini sangat merugikan bagi proses belajar. Fokus  dalam mata pelajaran sangat diperlukan untuk menunjang prestasi akademik di sekolah. Dan untuk para pekerja justru lebih parah resikonya. Kehilangan fokus saat berkendara, saat presentasi atau saat bertemu dengan konsumen akan mengancam pekerjaan kita.

2. Mempercepat penuaan

Telah disinggung sedikit di atas bahwa penampilan seorang insomnia biasanya kurang fresh. Hal ini disebabkan memperkerutnya kulit. Tanpa disadari orang yang berumur relatif muda akan terlihat pucat dan tua. Proses regenerasi kulit terjadi saat kita tidur dimalam hari, artinya semua proses dalam tubuh kita mempunyai waktu untuk meremajakan fungsinya. Jika kulit kita dipaksa untuk bekerja tanpa diistirahatkan maka proses peremajaan kulit akan terhambat dan yang terjadi adalah kulit mati kita akan lebih terlihat dari pada kulit muda.

3. Bahaya dari kurang tidur adalah obesitas

Kegemukan badan ini kenapa bisa disandingkan dengan kurang tidur? Proses istirahat dan penetralan fungsi tubuh terjadi di malam hari saat kita tidur. Proses ini akan mengeluarkan energi yang besar. Orang yang insomnia akan memaksa tubuh kita menetralkan fungsi nya sekaligus bekerja lembur. Akibatnya tubuh akan cenderung lapar. Peningkatan nafsu makan ini jika tersalurkan dan terjadi rutin setiap hari maka akan membentuk lemak tak sehat yang mengakibatkan penambahan berat badan yang melebihi ukuran ideal atau kegemukan atau obesitas.

4. Menyuburkan penyakit penyakit kronis dalam tubuh

Mungkin kita tidak menyadari jika kita sedang asik begadang dan berlangsung rutin setiap hari kemudian menjadi pola hidup kita, penyakit seperti stroke, diabetes dan darah tinggi akan sangat mudah tumbuh dan terbentuk dalam tubuh. Tidak beristirahatnya otak kita akan mempercepat  proses kejenuhan dan akibatnya orang yang kurang tidur sangat gampang sekali mengalami stres.

Insomnia atau penyakit kurang tidur semakin hal biasa dikalangan pekerja saat ini. Dengan membaca bahaya dari insomnia bagi kesehatan seharusnya kebiasaan kurang sehat ini dihilangkan dengan cara memulai diri dengan disiplin waktu dalam kegiatan sehari-hari. Mulailah mengatur porsi bekerja dan istirahat agar lebih seimbang dan hasilnya adalah kebugaran tubuh dipagi hari akan sangat mudah tercapai. Selanjutnya efek kebugaran tubuh akan membuat otak kita berfungsi baik dan fokus serta mempersempit peluang penyakit kronis masuk ke dalam tubuh kita.